FAQs - Tanya Jawab

Beberapa pertanyaan yang sering kami terima ;

  1. Saya tinggal di luar kota. Bisakah saya pesan bibit tanaman di Sri Wijaya Tani? kalau bisa bagaimana caranya?
    • Bagi anda yang tinggal di luar kota bukanlah halangan untuk belanja bibit di Sri Wijaya Tani dan tentu saja dikenakan ongkos kirim. Caranya, anda cukup menentukan pilihan bibit apa saja yang dipesan, jumlah pesanan, dan segera hubungi kami melaui telepon atau email, dengan melengkapi data ; nama, alamat lengkap pengiriman, serta nomor telepon yang dapat dihubungi.
  2. Berapa minimal dan maksimal bibit yang bisa saya beli?
    • Tidak ada batasan minimal dan maksimal, berapapun kami layani. Misal anda hanya belanja satu pohon, tetap kami layani.
  3. Bagaimana cara pembayarannya?
    • Pembayaran lewat bank, dilakukan setelah bibit kami kirim. Nomor rekening segera kami beritahukan setelah bibit dikirim.
  4. Berapa ongkos kirim ke alamat saya?
    • Ongkos kirim didasarkan pada berat dan tarif ke alamat tujuan. Sebagai pedoman, perkiraan berat addalah : bibit ukuran P.20 beratnya berkisar 0,75 sd. 1,5 kg per pohon, bibit ukuran P.25 beratnya berkisar 1 sd. 1,75 kg per pohon, bibit ukuran P.35 beratnya berkisar 2 sd. 3 kg per pohon, dan bibit ukuran P.50 beratnya berkisar 5 sd. 8 kg per pohon  (kecuali bibit tertentu, lebih berat). Sedangkan tarif (TIKI) dapat dilihat pada link yang kami cantumkan pada daftar harga, atau klik disini. Tapi ini baru perkiraan. Untuk biaya pastinya baru dapat diketahui setelah bibit dipacking dan dihitung oleh pihak penyedia jasa pengiriman, dalam hal ini Tiki.
  5. Apakah jadwal pengiriman bibit diatur secara reguler ?.
    • Benar. Kami menjadwalkan pengiriman paket bibit hanya pada hari Senin dan Selasa.
  6. Setelah paket saya terima, apa saja yang sebaiknya saya lakukan agar bibit tumbuh dengan baik ?.
    • Karena sesuatu hal, bisa saja bibit terlihat stress. Untuk itu kami sarankan mengikuti langkah-langkah seperti yang kami jelaskan pada bagian kirim bibit, atau klik disini.
  7. Kenapa menggunakan istilah P dan bukan tinggi untuk ukuran bibit? Apa artinya P tersebut?
    • Kami memang menggunakan istilah P yang artinya polybag, yaitu ukuran media tanam. Semakin besar angka P nya berarti tanaman lebih besar dan lebih tua.
    • P20 ; untuk tanaman yang masih kecil, masih muda dan baru dari hasil produksi, perakaran masih sedikit, belum ada pencabangan.
    • P25 ; untuk bibit yang perakarannya sudah mulai banyak, kadang sudah ada pencabangan, batang lebih besar dari P20, umur tanaman umumnya diatas 5 bulan,
    • P35 ; batang tanaman sudah lebih besar lagi, umumnya sudah dilakukan pemangkasan dan sudah terbentuk pencabangan/tajuk sudah bagus, perakaran sudah kokoh, dan untuk beberapa jenis/varietas tanaman sudah mulai belajar berbuah/masuk fase generatif. Umur tanaman sudah lebih tua dari P20
    • Dst.. Meningkat lagi ke P50.... Kemudian Drum. Nah kalau yang di drum, usia tanaman biasanya sudah diatas 2 tahun dan umumnya sudam pernah berbuah.
    • Jadi kami memang tidak menggunakan ukuran tinggi, karena tinggi biasanya relatif. Bisa saja yg di P20 lebih tinggi dari yg di P35, tapi tanamannya masih muda, belum bercabang dan perakaran masih sedikit.
 



Phone : 0813-8327-4445

kebunkebunkebun